Beberapa
waktu yang lalu HRD Forum mendapat kepercayaan untuk memberikan inhouse
training dengan topik "Service Excellent" di sebuah perusahaan di
Jakarta. Sebuah topik yang penting dan menarik ! 'Service Excellent'
atau sebagian kita mengenalnya dengan istilah Pelayanan Prima atau
Layanan Prima.
Dimulai
dengan sebuah pertanyaan sederhana, apakah Anda pernah dilayani? kapan
dan dimana? pertanyaan sederhana ini mencoba mengajak seluruh peserta
langsung masuk dalam inti topik training Service Excellent atau Layanan
Prima. Walaupun pertanyaan ini terdengar dan terlihat sangat sederhana,
tetap saja sebagian peserta tampak berfikir keras untuk menjawabnya.
Bagaimana dengan Anda? Apakah anda pernah dilayani? kapan dan dimana
anda dilayani? coba diingat-ingat? Saya anggap anda sudah dapat
mengingat beberapa kejadian saat anda dilayani, anda ingat kapan dan
dimana anda dilayani. OK pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kesan
anda setelah anda dilayani? apakah anda puas dengan pelayanan itu? biasa
saja? atau tidak puas?
Sebuah
contoh sederhana, saat anda sudah duduk disebuah rumah makan, lalu
memesan makanan, ternyata pesanan datang dengan cepat dan sesuai dengan
pesanan anda, bagaimana perasaan anda? puas? atau biasa saja? bandingkan
dengan yang ini, makanan pesanan anda datang dengan cepat, tetapi
ternyata salah, makanan yang datang ke meja anda tidak sesuai dengan apa
yang anda pesan, bagaimana dengan perasaan anda? bandingkan juga dengan
yang ini, anda harus menunggu 30 menit, sebelum pesanan anda datang
kemeja anda.
Contoh
diatas ingin mengambarkan, salah satu point penting dalam Service
Excellent adalah kecepatan dan Ketepatan. Agar karyawan diperusahaan
dapat memberikan Service Excellent ke pelanggan, maka seluruh karyawan
harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam bekerja. Selain kecepatan
dan ketepatan, masih ada beberapa point penting dalam service excellent,
diantaranya kuantitas, Kualitas, Biaya, kenyamanan, keamanan, proses
dan Kepuasan.
Apa yang dimaksud Service Excellent?
Mungkin
sebagian dari anda bertanya seperti itu, Service Excellent dapat
difahami sebagai melayani lebih dari yang diharapkan, dengan memberi
perhatian kepada Waktu, Ketepatan, keamanan, kenyamanan, kuantitas,
Kualitas, Biaya, Proses & Kepuasan. .
Ketika
anda berharap mendapatkan uang sebesar Rp 100.000,- tetapi ternyata
anda mendapatkan Rp 200.000,- bagaimana perasaan anda? puas !!
Manfaat Training Service Excellent bagi karyawan
Kompetisi
dalam dunia bisnis sangat ketat, tingkat persaingan bisnis dari hari
kehari bukannya makin melemah, tetapi justru semakin menguat. Perusahaan
yang dapat memberikan pelayanan terbaiklah yang akan memenangkan
kompetisi itu, oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanannya. Ingat ! kompetitor anda tidak tidur !
kompetitor bisnis anda dari hari ke hari terus melakukan perbaikan dan
peningkatan kualitas pelayanannya. Bagaimana dengan anda? ya benar
sekali, anda harus terus meningkatkan kualitas pelayanan sampai pada
level "Service Excellent". Untuk menerapkan service excellent, mau tidak
mau anda harus memberikan bekal yang cukup pada karyawan anda tentang
apa dan bagaimana service excellent itu. Oleh karena itu jangan ragu
untuk memberikan pelatihan atau training service excellent pada seluruh
karyawan anda.
Manfaat
training service excellent bagi karyawan sangat banyak sekali
diantaranya, karyawan akan mengetahui bagaimana cara memberikan
pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan puas.
Dalam
melakukan service excellent faktor kompetensi, pengetahuan tentang
pelanggan dan harapan pelanggan sangat memegang perasan penting serta
yang tidak kalah pentingnya adalah, anda harus sudah memiliki standar
mutu kerja yang tinggi.
[Bahari Antono]
http://www.hrd-forum.com/HRDIndonesia/Article/manfaat-training-service-excellent-bagi-karyawan
0 komentar:
Posting Komentar