Rabu, 28 November 2012

Manfaat Service Excelent

Beberapa waktu yang lalu HRD Forum mendapat kepercayaan untuk memberikan inhouse training dengan topik "Service Excellent" di sebuah perusahaan di Jakarta. Sebuah topik yang penting dan menarik ! 'Service Excellent' atau sebagian kita mengenalnya dengan istilah Pelayanan Prima atau Layanan Prima.

Dimulai dengan sebuah pertanyaan sederhana, apakah Anda pernah dilayani? kapan dan dimana? pertanyaan sederhana ini mencoba mengajak seluruh peserta langsung masuk dalam inti topik training Service Excellent atau Layanan Prima. Walaupun pertanyaan ini terdengar dan terlihat sangat sederhana, tetap saja sebagian peserta tampak berfikir keras untuk menjawabnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah anda pernah dilayani? kapan dan dimana anda dilayani? coba diingat-ingat? Saya anggap anda sudah dapat mengingat beberapa kejadian saat anda dilayani, anda ingat kapan dan dimana anda dilayani. OK pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kesan anda setelah anda dilayani? apakah anda puas dengan pelayanan itu? biasa saja? atau tidak puas?
Sebuah contoh sederhana, saat anda sudah duduk disebuah rumah makan, lalu memesan makanan, ternyata pesanan datang dengan cepat dan sesuai dengan pesanan anda, bagaimana perasaan anda? puas? atau biasa saja? bandingkan dengan yang ini, makanan pesanan anda datang dengan cepat, tetapi ternyata salah, makanan yang datang ke meja anda tidak sesuai dengan apa yang anda pesan, bagaimana dengan perasaan anda? bandingkan juga dengan yang ini, anda harus menunggu 30 menit, sebelum pesanan anda datang kemeja anda.
Contoh diatas ingin mengambarkan, salah satu point penting dalam Service Excellent adalah kecepatan dan Ketepatan. Agar karyawan diperusahaan dapat memberikan Service Excellent ke pelanggan, maka seluruh karyawan harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam bekerja. Selain kecepatan dan ketepatan, masih ada beberapa point penting dalam service excellent, diantaranya kuantitas, Kualitas, Biaya, kenyamanan, keamanan, proses dan Kepuasan.
Apa yang dimaksud Service Excellent?
Mungkin sebagian dari anda bertanya seperti itu, Service Excellent dapat difahami sebagai melayani lebih dari yang diharapkan, dengan memberi perhatian kepada Waktu, Ketepatan, keamanan, kenyamanan, kuantitas, Kualitas, Biaya, Proses & Kepuasan. .
Ketika anda berharap mendapatkan uang sebesar Rp 100.000,- tetapi ternyata anda mendapatkan Rp 200.000,- bagaimana perasaan anda? puas !!
Manfaat Training Service Excellent bagi karyawan
Kompetisi dalam dunia bisnis sangat ketat, tingkat persaingan bisnis dari hari kehari bukannya makin melemah, tetapi justru semakin menguat. Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaiklah yang akan memenangkan kompetisi itu, oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Ingat ! kompetitor anda tidak tidur ! kompetitor bisnis anda dari hari ke hari terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanannya. Bagaimana dengan anda? ya benar sekali, anda harus terus meningkatkan kualitas pelayanan sampai pada level "Service Excellent". Untuk menerapkan service excellent, mau tidak mau anda harus memberikan bekal yang cukup pada karyawan anda tentang apa dan bagaimana service excellent itu. Oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan pelatihan atau training service excellent pada seluruh karyawan anda.
Manfaat training service excellent bagi karyawan sangat banyak sekali diantaranya, karyawan akan mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan puas.
Dalam melakukan service excellent faktor kompetensi, pengetahuan tentang pelanggan dan harapan pelanggan sangat memegang perasan penting serta yang tidak kalah pentingnya adalah, anda harus sudah memiliki standar mutu kerja yang tinggi.
[Bahari Antono]
 http://www.hrd-forum.com/HRDIndonesia/Article/manfaat-training-service-excellent-bagi-karyawan

0 komentar:

Posting Komentar